Resep Membuat Kacang Bawang Renyah Dan Gurih

Resep dan Cara Membuat Kacang Bawang - Kacang bawang adalah camilan yang berasa gurih dengan tekstur yang renyah, sangat cocok dinikmati saat santai. Camilan yang satu ini bisa dibilang makanan sejuta umat, karena tersedia di mana-mana di seluruh nusantara.

Makanan ini juga biasanya banyak dijajakkan di warung-warung, mini market maupun supermarket sekalipun. Artinya, penikmat kacang bawang ini berasal dari seluruh level masyarakat, dari orang pinggiran hingga orang gedongan. Jika selama ini kita menikmatinya dengan cara membeli, bagaimana jika kita mencoba membuatnya ?
Resep Membuat Kacang Bawang Renyah Dan Gurih
Sumber gambar : www.pinterest.com

Resep Membuat Kacang Bawang Yang Empuk dan Gurih

Kacang bawang sebetulnya mudah dibuat, tentunya bahan yang kita perlukan juga dapat diperoleh dengan harga yang murah. Namun, membuatnya perlu trik tersendiri untuk menghasilkan kacang yang empuk, renyah dan gurih tepi dengan warna yang cantik, tidak gosong.

Kebanyakan jika kita membuat kacang bawang pertama kali hasil yang didapat adalah kacang yang tidak begitu garing, atau kacangnya garing dan renyah namun warnanya agak gosong. Itu wajar, seiring pengalaman dan eksperimen kita akan mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

Untuk itu, simak proses berikut ini guna mendapatkan kacang bawang dengan tekstur yang renyah dan garing juga warna yang cantik.

Bahan-bahan Membuat Kacang Bawang

  1. 250 gr Kacang tanah kupas. Jika sulit didapat kita bisa menggunakan kacang tanah biasa, rendam dalam air mendidih dan tiriskan. Remas-remas agak kuat hingga kacang mengelupas, untuk memudahkan kita bisa menggunakan ayakan bambu dan meremasnya seperti sedang mencuci pakaian sampai kacang tanah terkelupas.
  2. 4 siung bawang putih, iris tipis

Bumbu Rendaman

  1. 4 siung Bawang putih, haluskan
  2. 100 ml santan
  3. 150 ml air
  4. 1 sdm Margarin
  5. 1/2 sdm Garam
  6. 1/2 sdt Penyedap rasa (optional)

Cara Membuat Kacang Bawang

  1. Didihkan air bersama santan, angkat.
  2. Masukkan kacang tanah kedalamnya beserta 1/2 sendok makan garam halus, bawang putih yang telah dihaluskan, margarin dan penyedap rasa. Aduk biar merata.
  3. Diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam agar bumbu meresap.
  4. Jika bumbu sudah meresap, tiba saatnya menggoreng. Ambil kacang tanah dan tirisakan sebentar, masukkan kedalam penggorengan beserta irisan bawang putih.
  5. Goreng dengan api paling kecil untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jika saat kita membalik kacang tanah menghasilkan bunyi klatrak-kletrek saat berbenturan dengan penggorengan serta gelembung-gelembung udara yang keluar dari kacang tanah saat digoreng sudah hampir hilang, berarti saatnya diangkat. Jangan menunggu warna kacang berubah menjadi kecoklatan karena setelah diangkat kacang masih akan mengalami proses pematangan dan warna kacang bisa menjadi coklat tua. Jika warna kacang berubah menjadi agak kecoklatan sementara teksturnya masih belum renyah, itu artinya volume api yang kita gunakan untuk menggoreng masih terlalu besar.
Bagaimana ? Tidak terlalu sulit tapi membutuhkan feeling yang tajam serta ketelatenan. Biasanya, dengan beberapa kali eksperimen kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik, seperti kata pepatah bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Dan sekiranya tulisan mengenai cara membuat kacang bawang ini bermanfaat, silahkan di share ! Selamat mencoba !

Resep Lainnya yang Wajib Kalian Coba

Resep Panada Pedas Isi Ikan
Resep Nasi Goreng Seafood
Resep Puding Coklat Oreo
Resep Kue Bawang Renyah
Resep Gurame Asam Manis
Resep Membuat Coklat Lolipop Lucu
Resep Membuat Kacang Bawang Renyah Dan Gurih
4/ 5
Oleh