Resep Membuat Es Oyen Segar Khas Bandung yang Menggugah Selera

Resep dan Cara Membuat Es Oyen Khas Bandung - Pernah mendengar yang namanya es oyen? Mungkin diantara kalian yang tinggal di daerah Bandung sudah familiar ya dengan es yang satu ini. Kudapan yang satu ini populer sebagai jajanan yang menyegarkan dan ternyata sudah melegenda.

Berawal dari cerita seorang teman yang berasal dari kota Bandung, katanya es oyen ini menjadi ciri khas terutama saat bulan puasa. Dia bilang mengenai bahan-bahan yang digunakan sampai bercerita mengenai rasanya yang katanya enak dan ada aroma-aroma khas yang menggugah selera.
Resep Membuat Es Oyen Segar Khas Bandung
sumber gambar : www.flicker.com
Penasaran seperti apa sih rupa dan rasa es oyen itu, akhirnya seperti yang sudah menjadi kebiasaan yaitu browsing-browsing mengenai es oyen ini. Ternyata, es ini bisa dibilang variasi dari es campur dan hampir mirip dengan yang namanya es Shanghai.

Jadi makin penasaran, sayangnya saya tidak tinggal di kota Bandung, jadinya sudah bisa ditebak, bereksperimen membuat es oyen dan menebak-nebak seperti apa rasanya. Penasaran juga ? Yuk cekidot !

Resep Es Oyen Khas Bandung yang Menyegarkan dan Menggugah Selera

Resep Membuat Es Oyen Segar Khas Bandung
sumber gambar : abraresto.com
Setelah browsing-browsing dan menurut petunjuk dari teman, akhirnya terkumpullah bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Sebagai salah satu variasi dari es campur, sebenarnya es oyen juga tidak memiliki resep yang pasti.

Artinya kita bisa membuat variasi dengan menambahkan atau mengurangi bahan-bahan yang diperlukan sesuai keinginan atau selera kita, atau juga menurut ketersediaan bahan-bahan tersebut.

Yang hampir wajib dan menjadi ciri khas adalah buah nangka yang akan memberikan rasa dan aroma yang khas dari minuman ini, seperti itu. Berikut adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat es oyen khas Bandung.

Bahan Resep Es Oyen Bandung

  1. 100 gr pacar cina atau mutiara, rebus
  2. 100 gr agar-agar siap pakai, potong dadu
  3. 100 gr tape singkong, potong dadu
  4. 100 gr kolang-kaling, potong dadu
  5. 100 gr melon, potong dadu
  6. 100 gr blewah, potong dadu
  7. 100 gr nangka, potong dadu
  8. 1 bh alpukat, kerok daging buahnya
  9. 1 bh kelapa muda, kerok daging buahnya
  10. susu kental manis secukupnya
  11. es serut atau es batu secukupnya

Bahan Membuat Sirup

  1. 250 gr gula pasir
  2. 400 ml air
  3. 2 lbr daun pandan wangi
  4. 2 btr nangka, potong-potong/suwir

Cara Membuat Es Oyen Bandung

  1. Sebagai langkah pertama, kita perlu membuat sirup terlebih dahulu. Caranya dengan menyatukan semua bahan kedalam panci dan merebusnya sambil diaduk hingga mendidih dan gula terlarut seluruhnya. Masak sebentar dan angkat, dinginkan. Penambahan nangka dan daun pandan agar sirup menjadi wangi dan memiliki aroma khas yang menggugah selera.
  2. Siapkan mangkuk saji, masukkan bahan mulai dari kelapa muda, agar-agar, tape singkong, kolang-kaling, melon, blewah, nangka, alpukat serta mutiara/pacar cina dan tata semua bahan sesuai kreasi masing-masing biar terlihat indah dilihat.
  3. Tambahkan es serut atau potongan es batu.
  4. Siram dengan sirup gula dan bubuhkan susu kental manis diatasnya.
  5. Es oyen khas Bandung siap dinikmati (untuk 10 porsi).
Bagaimana, cara membuat es oyen Bandung tidak sulit bukan ? Setelah berhasil membuatnya dengan mirip secara penampilan, saya jadi penasaran apakan rasa es oyen dengan resep versi saya memang seperti rasa aslinya.

Teman saya yang orang Bandung pasti tidak akan menolak jika disuruh mencicipi, apalagi gratis. Dan katanya, rasa aslinya juga memang seperti itu, saya sih tidak tahu apa memang seperti itu atau biar saya senang karena sudah kasih dia es oyen gratis, hihihi. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat !

Resep Menarik Lainnya Berikut Ini Juga Layak Dicoba!

Resep Ayam Bakar Madu Spesial
Resep Masakan Gulai Dengkul Empuk
Resep Semur Tahu Tempe
Resep Pisang Goreng Kremes
Resep Donat Kentang Lembut
Resep Kue Putri Salju Sederhana
Resep Membuat Es Oyen Segar Khas Bandung yang Menggugah Selera
4/ 5
Oleh