Resep dan Cara Membuat Ikan Goreng Bumbu Rica-rica Khas Manado

Cara Membuat Ikan Goreng Rica-rica - Ikan goreng bumbu rica-rica merupakan masakan yang begitu populer dari daerah Manado. Dengan cita rasa yang didominasi rasa pedas dan gurih, ikan ini paling lezat disantap bersama dengan nasi hangat. Mmmm yummy, membuat perut keroncongan apalagi buat para penjelajah kuliner pastinya tak akan pernah melewatkan msakana khas yang satu ini.
Resep Ikan Goreng Rica-rica Khas Manado, Cara Membuat Ikan Goreng Rica-rica
sumber gambar : kayaresto.com
Pada dasarnya, resep ikan goreng rica-rica tidaklah memiliki bahan yang pasti. Kita bisa menggunakan aneka jenis ikan mulai dari ikan laut ataupun ikan air tawar. Ciri khas dari masakan ini terletak pada bumbu yang digunakan serta cara penyajiannya. Dan siapapun dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah serta mendapatkan kelezatan masakan khas Manado yang tak kalah dari menu restoran.

Resep Ikan Goreng Rica-Rica Spesial

Untuk membuat ikan goreng bumbu rica-rica, kita bisa menggunakan berbagai jenis ikan. Biasanya, ikan yang paling banyak digunakan adalah ikan cakalang, ikan kembung atau bahkan ikan tuna. Kita juga bisa bereksperimen dengan menggunakan ikan air tawar, semua tergantung selera karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati terutama hasil dari sektor perairan.

Membuat ikan goreng bumbu rica-rica tidaklah sulit, asalkan kita mengetahui resepnya serta cara membuatnya dengan benar agar didapatkan rasa yang sesuai dengan selera. Berikut ini bahan-bahan dan bumbu yang perlu kita persiapkan utnuk membuat ikan goreng bumbu rica-rica.

Bahan Resep Ikan Goreng Rica-rica

  1. 500 gr ikan cakalang atau ikan kembung
  2. 2 btg serai, memarkan
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 2 lbr daun jeruk
  5. 1 bh jeruk nipis
  6. 4 btg daun kemangi
  7. garam secukupnya
  8. air secukupnya

Bumbu-bumbu : Ulek Kasar

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 bh cabe merah besar
  4. 6 bh cabe rawit merah
  5. 1 bh tomat ukuran sedang
  6. 3 cm jahe

Cara Membuat Ikan Goreng Rica-Rica Spesial Pedas

  1. Bersihkan ikan, kerat-kerat kemudian cuci hingga bersih, lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang dan agak garing. Angkat dan sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang sudah diulek kasar, masukkan serai bersama dengan daun jeruk dan tumis hingga harum.
  4. Beri air secukupnya agar bumbu tidak gosong, bubuhkan gula pasir dan garam secukupnya. Aduk rata hingga air berkurang.
  5. Masukkan ikan goreng bersama daun kemangi, aduk hingga bumbu menyelimuti ikan dan masak beberapa saat biar bumbu meresap.
  6. Angkat dan sajikan.
Cara membuat ikan goreng rica-rica tidaklah sulit bukan? Resep ikan goreng rica-rica ini memiliki rasa pedas yang dominan, selain itu juga terdapat rasa gurih. Sebenarnya kita bisa saja membubuhkan bumbu rica-rica pada ikan tanpa harus memasak kembali ikan bersama bumbu. Namun rasanya kurang pol, dengan memasak kembali ikan goreng bersama bumbu, maka cita rasa yang didapatkan menjadi lebih kuat. Bumbu lebih meresap kedalam ikan dan tentunya rasanya lebih maknyus.

Selain kedua jenis ikan yang digunakan diatas, kita juga bisa bereksperimen menggunakan ikan nila atau ikan gurame. Rasanya tak kalah lezat lho, yang penting kita sudah menguasai resep beserta cara membuat bumbu rica-rica selebihnya untuk urusan ikan tinggal disesuaikan dengan selera. Selamat berkreasi ya !

Resep Menarik Lainnya yang Wajib Kalian Coba

Resep Kue Apem Selong Khas Surabaya
Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar
Resep Brownies Kukus Tepung Singkong
Resep Puding Pelangi Nan Cantik
Resep Asinan Buah Khas Bogor
Resep Gulai Kambing Spesial Lezat
Resep dan Cara Membuat Ikan Goreng Bumbu Rica-rica Khas Manado
4/ 5
Oleh