Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih Sederhana

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih - Kue bawang biasanya populer saat hari raya Idul Fitri, dimana kue ini menjadi pengisi toples di banyak rumah. Meski popularitasnya bisa dibilang setaun sekali, tapi bagi saya sendiri membuatnya kapan saja adalah sebuah keasyikan tersendiri. Bagaimana tidak, suami dan anak doyan banget makan cemilan yang kriuk dan salah satunya kue bawang ini.
Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih, Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih, Cara Membuat Kue Bawang Sederhana
gambar : id.pricepedia.org
Kue bawang hampir mirip dengan pangsit baik cara pembuatan maupun bahan utamanya. Hanya saja kalau pangsit tidak menggunakan bawang merah sebagai bahan tambahannya.

Bahan-bahan lainnya yang digunakan juga mudah diperoleh serta tidak banyak macamnya. Karena bahan utama kue renyah ini adalah tepung terigu yang dipadukan dengan tepung tapioka agar teksturnya lebih renyah.

Cara membuat kue bawang renyah dan gurih terbilang mudah, namun ada satu alat wajib yang dapat memudahkan pembuatan kue bawang sehingga waktunya lebih singkat. Jika tidak ada alat tersebut dijamin repotnya pake banget.

Ya, gilingan mie atau kadang juga disebut gilingan pasta atau gilingan molen. Kita bisa saja menggunakan gilingan yang terbuat dari kayu atau menggunakan botol, namun coba sendiri deh seperti apa repotnya, hehe.

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

Membuat kue bawang tidak memerlukan waktu lama, adonan kita buat asal tercampur saja tidak usah terlalu kalis seperti saat membuat mie, yang penting adonan tidak lengket saat digiling nantinya.

Maka dari itu, penambahan margarin dimaksudkan agar adonan licin serta kue bawangnya menjadi renyah dan empuk. Untuk membuatnya, mari persiapkan bahan-bahan berikut ini.

Bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 50 gr margarin
  3. 25 gr tepung tapioka
  4. 1 btr telur, kocok lepas
  5. 2 btg daun bawang, cincang halus
  6. 3 btg daun seledri, cincang halus
  7. 5 siung bawang putih, haluskan
  8. 50 gr bawang merah, cincang halus (atau diblender tapi kasar saja, tidak sampai halus)
  9. 1/2 sdt baking powder
  10. 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  11. 1/2 sdt penyedap rasa (optional)
  12. 50 ml air es

Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. Satukan semua bahan, uleni hingga tercampur rata dan adonan tidak lengket di tangan. Pembuatan adonan ini cukup sampai adonan tidak lengket ditangan saja, jika terlalu kalis nantinya malah kurang empuk (kue bawangnya agak keras).
  2. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat memanjang seukuran sosis dan giling menggunakan gilingan molen/mie dengan ketebalan kurang lebih 1/2 mm. Jika terlalu tebal, kue bawangnya jadi kurang renyah namun jika terlalu tipis nanti jadi mudah hancur.
  3. Setelah digiling, potong sesuai selera. Gunakan gunting zigzag jika ingin hasilnya bagus, namun tidak wajib, tergantung kreatifitas masing-masing.
  4. Setelah itu goreng adonan kue bawang hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Proses menggoreng menggunakan tehnik deep fry biar hasilnya bagus serta teksturnya lebih renyah.
Kunci keberhasilan resep kue bawang renyah dan gurih terletak pada proses pembuatan adonan. Jika kita menguleni adonan terlalu kuat seperti hendak membuat adonan mie, hasilnya malah kurang bagus karena kue bawang malah menjadi agak keras seperti mie lidi. Maka uleni sebentar saja asalkan semua bahan tercampur merata dan adonan tidak lengket di tangan.

Selain itu, gunakanlah air es agar baking powder yang digunakan hanya akan bereaksi saat adonan digoreng. Jika tidak, maka penambahan baking powder akan sia-sia saja.

Bagaimana? Sebenarnya cara membuat kue bawang renyah dan gurih tidak terlalu sulit, jika sudah mahir maka persiapan membuat adonan paling lama sekitar 30 menit. Dan kita bisa menikmati kue bawang resep bikinan sendiri dengan tingkat 'kegurihan' yang bisa disesuaikan, hehe.

Jika ingin lebih gurih lagi, perbanyak jumlah bawang merah yang digunakan, misalnya menjadi 100 gram makan dijamin lebih wangi dan lebih gurih, maknyuus. Selamat mencoba ya !

Resep Menarik Lainnya yang Wajib Kalian Coba

Resep Puding Telor Ceplok Nan Cantik
Resep Kue Talam Ubi Ungu Nan Lezat
Resep Kue Pukis Istimewa
Resep Kue Ape Pandan Enak Dan Mantap
Resep Kue Apem Selong Khas Surabaya
Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar
Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Gurih Sederhana
4/ 5
Oleh