Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame Bening Asam Manis Pedas

Resep Sup Ikan Gurame Bening - Sup ikan gurame memang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Tak heran, jika sup gurame memiliki popularitas yang begitu terkenal terutama di restoran-restoran kelas menengah ke atas. Peminatnya beragam dan berasal dari berbagai kalangan, meskipun sederhana namun ternyata mampu memuaskan hasrat kuliner berbagai level masyarakat.
Resep Sup Ikan Gurame Bening, Cara Membuat Sup Ikan Gurame Bening
ilustrasi : http://krjogja.com
Pada dasarnya, cara membuat sup ikan gurame bening cukup sederhana dan relatif mudah. Bahan-bahan yang kita perlukan juga bisa diperoleh dengan mudah dan harga yang relatif terjangkau. Agar tidak menyisakan bau amis di kuah sup, biasanya ditambahkan sedikit kunyit dan jahe yang juga berfungsi menambah cita rasa sehingga lebih menggugah selera.

Dan sekedar indormasi, ikan gurame merupakan primadona hasil perikanan air tawar. Karena rasanya yang lezat, maka tak heran jika ikan ini begitu populer di seuruh kalangan masyarakat. Permintaan pasar akan ikan gurame sangat tinggi, terutama untuk ukuran tanggung yang berkisar antara 0,5 hingga 1 kilogram. Dan memang, pada ukuran tersebut sedang nikmat-nikmatnya, dimana dagingnya lembut serta tulangnya tidak terlalu keras.

Resep Sup Ikan Gurame Bening Asam Manis Pedas

Baik ikan air tawar maupun ikan laut, sama-sama memiliki bau amis pada dagingnya. Terutama jika ikan tidak dibersihkan dengan benar. Untuk itu, pastikan ikan bersih luar dalam sehingga bau amis dapat diminimalisir.

Selain dari itu, proses pemasakan memerlukan waktu yang agak lama agar bau amis hilang dan daging ikan menjadi lunak dan lembut. Dengan begitu, rasa khas ikan gurame dapat kita nikmati tanpa terganggu dengan bau amis. Dan berikut ini bahan-bahan yang kita persiapkan untuk membuat sup ikan gurame.

Bahan Resep Sup Ikan Gurame Bening

  1. 1 ekor ikan gurame ukuran sedang (0,5-1 kg), potong-potong
  2. 2 bh tomat, potong dadu
  3. 2 bh jeruk nipis
  4. 2 btg daun bawang, iris
  5. 2 btg sereh/serai, memarkan
  6. 2 bh cabe merah, iris
  7. 4 bh cabe rawit, iris (atau sesuai selera)
  8. 2 lbr daun jeruk purut
  9. 3 cm jahe, iris
  10. 2 cm kunyit, iris
  11. 4 siung bawang merah, iris
  12. 3 siung bawang putih, iris
  13. 1 sdt gula pasir (atau secukupnya sesuai selera)
  14. 1 sdt garam (atau secukupnya sesuai selera)
  15. 1/2 sdt lada bubuk
  16. daun kemangi secukupnya

Cara Membuat Sup Ikan Gurame Bening Asam Manis

  1. Potong dan bersihkan ikan gurame, beri perasan satu buah jeruk nipis, diamkan sebentar biar meresap.
  2. Selanjutnya rebus ikan hingga matang dan lunak serta kaldunya keluar, sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan serai, jahe, kunyit, daun bawang, daun jeruk, cabe merah dan cabe rawit. Tumis lagi sebentar hingga harum.
  5. Masukkan air kaldu rebusan ikan, beri garam secukupnya dan sedikit gula pasir untuk memberikan cita rasa manis, masukkan juga lada bubuk.
  6. Masukkan tomat, daun kemangi beserta ikan gurame yang tadi sudah kita rebus terlebih dahulu dan beri air perasan jeruk nipis.
  7. Masak beberapa saat agar bumbu meresap kedalam daging ikan.
  8. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Penggunaan kunyit sebenarnya opsional, untuk menambah cita rasa dan meminimalisir bau amis yang sebetulnya sudah diredam oleh perasan jeruk nipis. Cara membuat sup ikan gurame bening asam manis agar ikannya tidak hancur dan bentuknya tetap cantik, selama proses memasak baiknya tidak sering diaduk. Tomat juga baiknya dimasukkan belakangan, jika dimasukkan dari awal biasanya akan hancur tidak berbentuk.

Sup ikan gurame memang paling nikmat disantap selagi hangat. Dengan cita rasa asam manis pedas, maka dijamin penikmatnya merasa ketagihan. Satu prosi rasanya tidak akan cukup, apalagi jika disantap setelah capek baraktifitas rasanya lahap susah buat berhenti, hehe. Itulah rahasia resep sup ikan gurame bening asam manis agar tidak berbau amis, sebenarnya ini adalah rahasia umum namun terkadang salah pengolahan membuat hasil akhir kurang memuaskan. Semoga bermanfaat ya !

Coba Juga Resep Menarik Lainnya

Resep Asinan Buah Khas Bogor
Resep Gulai Kambing Spesial Lezat
Resep Cilor Aci Telor Pedas Gurih
Resep Mie Ayam Kuah Kental
Resep Udang Bakar Madu Spesial
Resep Ayam Bakar Madu Spesial
Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame Bening Asam Manis Pedas
4/ 5
Oleh