Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Keju Lembut

Resep Brownies Kukus Coklat - Kue brownies kukus merupakan kudapan yang terbuat dari bahan dasar terigu. Sama seperti kue brownies konvensional, cara membuat brownies kukus hanya beda pada proses akhir yaitu pemasakannya. Jika pada brownies konvensional dibuat dengan cara dipanggang menggunakan oven, brownies kukus sama seperti namanya yaitu melalui proses pengukusan. Yuk kita bereksperimen!
Resep Brownies Kukus Coklat, Cara Membuat Brownies Kukus Coklat
sumber gambar : belindabakery24jam.com
Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue brownies kukus adalah terigu, telur dan tambahan coklat baik coklat bubuk maupun coklat masak. Resep brownies kukus coklat kebanyakan tidak menggunakan bahan pengembang seperti layaknya cake, maka dari itu brownies sering kali disebut dengan plesetan kue bantat.

Dan pada awalnya, kue ini memang diciptakan dari ketidak sengajaan salah seorang chef yang hendak membuat cake. Dari kegagalan tersebut ternyata sang chef menyadari bahwa kue buatannya berasa enak dan memiliki tekstur serta rasa yang khas, dan tanpa sengaja terciptalah varian kue baru yaitu brownies.

Resep Brownies Kukus Coklat Keju yang Lembut

Meskipun disebut kue bantat namun bukan berarti kue ini asal jadi, perlu setidaknya keahlian dasar membuat kue. Salah-salah nanti kue yang dihasilkan malah bertekstur tidak menentu karena meskipun sebutannya kue bantat bukan berarti memang bantat lho. Bantat tersebut diartikan sebagai perbandingan antara kua brownies dengan cake yang mengembang sempurna. Jadi, cara membuat brownies kukus sebetulnya gampang-gampang susah jika kita tidak tahu ilmunya. Dan berikut ini bahan-bahan yang perlu kita persiapkan sebelum membuat kue brownies kukus spesial.

Bahan-bahan Resep Brownies Kukus Coklat

  1. 100 gr terigu protein sedang
  2. 100 gr gula pasir
  3. 100 gr margarin, cairkan
  4. 180 gr dark cooking chocolate, lelehkan
  5. 3 butir telur
  6. parutan keju sebagai topping

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Keju

  1. Kocok telur bersama dengan gula pasir menggunakan mikser hingga mengembang dan kaku.
  2. Masukkan terigu, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Aduk pelan-pelan saja agar adonan telur dan gula tidak kempes.
  3. Masukkan margarin yang telah dicairkan, aduk rata. Bagi dua adonan, satu untuk lapisan coklat dan satu untuk lapisan putih.
  4. Tuangkan coklat masak yang telah dilelehkan kedalam satu bagian adonan untuk membuat lapisan coklat.
  5. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin. Tuang adonan coklat kedalam loyang dan ratakan.
  6. Kukus lapisan coklat selama kurang lebih 10 menit setelah itu angkat.
  7. Tuangkan adonan putih diatas lapisan coklat dan kukus lagi hingga matang benar. Untuk memastikannya, tusuk menggunakan lidi jika brownies sudah kaku maka tandanya sudah matang.
  8. Angkat brownies dan keluarkan dari cetakan, olesi permukannya dengan margarin dan beri topping berupa parutan keju.
  9. Sajikan hangat-hangat bersama kopi atau teh sambil bersantai.
Ternyata cara membuat brownies kukus tidak serumit yang kita bayangkan ya! Resep brownies kukus coklat ini sebenarnya bisa kita variasikan misalnya menggunakan topping berupa mesis, butter cream, buah-buahan dan bahkan menggunakan pisang sebagai bahan adonannya. Kalian juga bisa memvariasikan hingga beberapa lapisan dengan cara mengukusnya beberapa kali hingga membentuk beberapa lapisan yang cantik. Selamat berkarya!

Resep Menarik Lainnya yang Wajib Dicoba

Resep Donat Ubi Ungu Nan Cantik
Resep Roti Gulung Pisang Coklat Keju
Resep Piscok Meler Plus Keju
Resep Jamur Crispy Renyah Aneka Rasa
Resep Stik Singkong Crispy Renyah
Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Keju Lembut
4/ 5
Oleh