Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Lembut Sederhana

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana - Kalian suka donat? Pernah mencicipi donat kentang? Donat kentang itu menurut saya rasanya lebih enak lho, selain teksturnya lembut ada aroma kentangnya yang menggugah selera. Bagi kalian yang belum tahu seperti apa donat kentang, kenapa tidak coba membuatnya sendiri, mudah kok. Kuncinya adalah pada saat inkubasi adonan dan penggunaan tepung terigu berkualitas untuk menghasilkan tekstur yang empuk dan lembut.
Resep Donat Kentang Sederhana, Cara Membuat Donat Kentang Sederhana, Cara Membuat Donat Kentang Lembut, Resep Donat Kentang Lembut
gambar : www.pioneerchef.com
Donat kentang memang bukanlah jenis makanan baru namun belum banyak yang tahu karena memang tidak banyak yang jual. Resep donat kentang sederhana yang saya peroleh sedikit saya variasikan agar didapat hasil yang lebih empuk dan tekstur yang lebih lembut. Sementara untuk cara pembuatannya masih sama seperti membuat donat pada umumnya.

Pada proses pembuatan donat, agar hasil yang didapat lebih maksimal sebaiknya kita menggunakan minyak goreng padat. Dengan begitu, nanti hasilnya menjadi lebih garing (tanpa tetesan/rembesan minyak), empuk serta lebih gurih. Jika kalian sulit mendapatkan minyak padat, gunakan saja minyak goreng kemasan, jangan minyak goreng curah karena hasilnya kurang baik.

Resep Donat Kentang Sederhana Empuk dan Lembut

Cara membuat donat kentang sederhana sebenarnya masih sama dengan proses pembuatan donat konvensional pada umumnya. Kuncinya terletak pada adonan yang harus diinkubasi terlebih dahulu, jika proses ini terlalu singkat maka nantinya donat tidak akan mengembang sempurna saat digoreng.

Untuk memperoleh tekstur yang empuk dan lembut, gunakan tepung terigu protein tinggi seperti pada pembuatan roti tawar. Tepung jenis ini menghasilkan penganan dengan tekstur yang empuk dan kenyal. Berikut adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat donat kentang.

Bahan Resep Donat Kentang Sederhana

  1. 500 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 250 gr kentang, kukus dan haluskan
  3. 125 gr gula halus
  4. 100 gr mentega
  5. 75 gr susu bubuk full cream
  6. 4 btr kuning telur
  7. 1 sdt ragi instant
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1/2 gelas air matang dingin (atau secukupnya)
  10. 1 kg minyak goreng padat atau bisa juga minyak goreng kemasan

Bahan Topping

  1. 2 sdm margarin
  2. 50 gr dark cooking chocolate, lelehkan
  3. 50 gr coklat meses
  4. 50 gr keju cheddar parut

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

  1. Ayak tepung terigu, gula pasir dan susu bubuk agar tercampur merata. Masukkan ragi instan dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan kentang halus, kuning telur bersama dengan air dingin. Uleni hingga semua bahan menyatu.
  3. Masukkan mentega, uleni adonan hingga kalis tidak lengket di tangan.
  4. Tutup wadah adonan menggunakan lap bersih yang dibasahi dan diamkan minimal satu jam agar adonan mengembang.
  5. Setelah satu jam, bagi adonan masing-masing beratnya sekitar 25 gram atau kira-kira saja tapi jangan terlalu besar karena nantinya donat akan mengembang saat digoreng. Bentuk tiap bagian adonan menyerupai cincin/donat dan diamkan sekitar 30 menit agar donat mengembang.
  6. Setelah 30 menit dan donat mengembang, panaskan minyak dan goreng donat hingga mengembang dan matang berwarna kuning keemasan. Angkat.
  7. Hiasi donat dengan topping sesuai selera. Untuk membuat donat dengan topping coklat, celup permukaan donat pada coklat yang dilelehkan, biarkan dingin dan coklat mengeras. Untuk membuat topping mesis atau keju, oleskan dulu margarin pada bagian atas donat dan taburkan coklat mesis atau keju.
Bagaimana, cara membuat donat kentang sederhana tidak sulit bukan? Biarpun resep donat kentang sederhana ini cukup mudah dibuat, namun diperlukan latihan agar bisa menghasilkan donat yang bagus baik tekstur, rasa maupun penampilannya. Agar lebih empuk, disini kita menggunakan mentega yang bisa saja diganti dengan margarin namun nanti teksturnya sedikit lebih padat tapi tetap empuk. Selamat mencoba!

Simak Juga Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep Martabak Telur Mini Kulit Lumpia
Resep Es Shanghai Komplit Mantap
Resep Es Jagung Manis Biji Selasih
Resep Puding Jagung Manis Spesial
Resep Gulab Jamun Makanan Khas India
Resep Faloodeh Khas Asia Selatan
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Lembut Sederhana
4/ 5
Oleh