Resep dan Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Lembut dan Enak

Resep Bolu Gulung Lembut dan Enak - Kue bolu gulung masih merupakan keluarga dari kue bolu yang mana termasuk kedalam jenis cake. Resep bolu gulung lembut dan resep bolu biasa pada dasarnya sama hanya saja beda takaran yang digunakan. Cara membuat bolu gulung panggang juga tidak jauh berbeda dengan bolu konvensional, hanya saja karena kue bolu gulung memiliki tekstur lebih lembut maka perlakuannya harus lebih hati-hati. Yuk kita simak cara membuatnya!
Resep Bolu Gulung Lembut dan Enak, Cara Membuat Bolu Gulung Panggang
gambar : donancakemix.wordpress.com
Perbedaan utama dari resep kue bolu gulung panggang dengan bolu biasa adalah jumlah takaran bahan yang digunakan. Tekstur kue bolu gulung haruslah dibuat selembut mungkin karena jika teksturnya agak kaku maka akan sulit untuk digulungkan dan bahkan patah. Disinilah pengalaman mengenai cara membuat bolu gulung panggang dengan komposisi bahan yang tepat sangat dibutuhkan. Dengan banyak bereksperimen dan seiring berjalannya waktu maka kalian juga akan menemukan resep bolu gulung lembut yang pas sesuai dengan selera.

Takaran yang akan digunakan untuk resep kue bolu gulung kali ini adalah penggunaan tepung terigu yang sama jumlahnya dengan gula halus. Untuk margarin, takaran haruslah lebih banyak dari takaran tepung agar tekstur bolu gulung kita menjadi lembut. Penggunaan telur minimal 5 butir, lebih bagus lagi 6 butir agar andonan sedikit encer.

Resep Bolu Gulung Lembut dan Enak

Agar lebih lezat dan lembut, kita akan menambahkan susu bubuk sebagai bahan tambahan adonan, tidak wajib namun akan lebih baik jika ditambahkan. Penggunaan tepung terigu sebaiknya memilih yang berprotein tinggi agar hasilnya bisa lebih kenyal dan lebih mengembang. Berikut daftar bahan-bahan lengkap yang perlu dipersiapkan untuk membuat kue bolu gulung lembut.

Bahan Resep Bolu Gulung Lembut dan Enak

  1. 75 gr tepung terigu
  2. 75 gr gula halus
  3. 125 gr margarin, cairkan
  4. 25 gr susu bubuk
  5. 6 btr telur
  6. 2 sdt cake emulsifier
  7. 1/2 sdt vanili essence
  8. topping sesuai selera
  9. filler seperti selai atau butter cream dan lain-lain secukupnya sesuai selera

Cara Membuat Bolu Gulung Panggang

  1. Ayak tepung terigu bersama dengan gula halus dan susu bubuk, pengayakan dimaksudkan agar bahan-bahan tercampur dengan merata.
  2. Taruh campuran tepung, susu dan gula dalam mangkok mikser.
  3. Masukkan telur, cake emulsifier dan vanili essence kedalam campuran tepung.
  4. Kocok adonan menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku, akhir dari proses ini akan ditandai dengan cipratan adonan pada pinggiran mangkuk jika adonan benar-benar sudah kaku.
  5. Tuangkan margarin yang sudah dicairkan, aduk rata dengan kecepatan rendah. Gunakan spatula untuk memastikan adonan benar-benar sudah merata.
  6. Siapkan loyang segi empat berukuran lebar, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin.
  7. Tuangkan adonan dengan ketinggian maksimal 1 cm, jangan terlalu tebal nantinya bolu akan susah untuk digulungkan.
  8. Panggang adonan hingga matang.
  9. Keluarkan bolu gulung dari oven, biarkan hingga agak dingin setelah itu keluarkan bolu dari loyang dan alasi dengan kertas roti.
  10. Olesi permukaan atasnya menggunakan filler seperti selai, butter cream atau apa saja sesuai selera.
  11. Gulungkan bersama kertas roti dengan hati-hati, perhatikan samping kiri dan kanan agar menggulung sempurna dan bolu tidak patah.
  12. Selesai, beri topping sesuai selera.
Kunci utama dari resep bolu gulung lembut dan enak adalah komposisi bahan yang pas agar didapatkan tekstur yang lembut. Selain itu, kualitas bahan juga sangat menentukan. Dan memang cara membuat bolu gulung yang lembut ini gampang-gampang susah jika tidak mengetahui tehniknya dengan benar.

Agar bisa menguasai resep dan cara membuat bolu gulung panggang yang lembut seperti yang diinginkan, maka pengalaman sangat dibutuhkan. Untuk itu terus berlatih dan bereksperimen sehingga didapatkan resep dan takaran yang pas. Saya sendiri sering kali gagal sebelum akhirnya menemukan resep bolu gulung lembut yang sesuai dengan selera dan keinginan. Selamat bereksperimen ya!

Resep Menarik Lainnya yang Perlu Kalian Coba

Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu
Resep Kolak Biji Salak Aroma Pandan
Resep Donat Ubi Ungu Nan Cantik
Resep Roti Gulung Pisang Coklat Keju
Resep Piscok Meler Plus Keju
Resep Jamur Crispy Renyah Aneka Rasa
Resep dan Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Lembut dan Enak
4/ 5
Oleh