Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Oriental Enak dan Lezat

Cara Membuat Nasi Goreng Oriental - Resep nasi goreng oriental enak ini terinspirasi dari masakan Cina yang kaya akan bumbu. Dan seperti yang kita ketahui, pada mulanya nasi goreng adalah menu masakan masyarakat Tionghoa yang mengalami berbagai adaptasi dengan banyak budaya. Tak heran jika resep nasi goreng spesial yang ada di nusantara saat ini telah memiliki keragaman yang memiliki ciri khas tersendiri.
Resep Nasi Goreng Oriental, Cara Membuat Nasi Goreng
gambar : www.blueband.co.id
Keragaman budaya Indonesia yang sangat kaya telah melahirkan banyak variasi resep masakan yang berkembang di setiap daerah. Resep nasi goreng adalah salah satunya, tercatat telah ada puluhan resep dan versi yang berbeda dari satu masakan nasi goreng. Seperti nasi goreng jawa, nasi goreng chinese food (oriental), nasi goreng gila, nasi goreng pete, nasi goreng kambing dan masih banyak lagi resep nasi goreng spesial lainnya. Sementara itu, cara membuat nasi goreng sendiri hampir sama meskipun berbeda versi dan bahan-bahan pendukungnya.

Khusus kali ini, kita akan membahas mengenai resep nasi goreng oriental yang mana merupakan nasi goreng yang kaya akan bumbu. Rahasia kelezatan nasi goreng oriental adalah terletak pada penggunaan Ang Ciu, yang mana merupakan bahan hasil fermentasi (mengandung alkohol) dan digunakan untuk melezatkan masakan. Kalian pernah melihat menu masakan Cina yang ketika memasaknya mengeluarkan api dari wajan? nah api itu berasal dari alkohol yang terkandung pada bumbu masakan salah satunya adalah ang ciu.

Beberapa sumber mengatakan bahwa ang ciu atau arak merah adalah haram bagi umat muslim karena jelas-jelas mengandung alkohol, maka kita akan menggantinya dengan bahan lain namun dengan rasa yang tidak kalah lezat. Berdasarkan penelusuran, ternyata angciu dapat digantikan dengan beberapa bahan yang terjamin kehalalannya.

Kita bisa menggantikan angciu dengan campuran kecap asin, perasan jeruk nipis dan perasan jahe. Untuk takarannya, kita menggunakan perbandingan 1 kecap asin, 1/2 perasan jeruk nipis dan 1/2 perasan jahe.

Resep Nasi Goreng Oriental Enak Spesial Super Lezat

Nah, sebagai bahan pengganti angciu sudah kita dapatkan dan sekarang saatnya praktek. Resep nasi goreng oriental ini sudah mengalami penyesuaian agar bisa dikonsumsi dengan nikmat tanpa khawatir akan kehalalannya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan untuk membuat nasi goreng oriental.

Bahan-bahan Resep Nasi Goreng Oriental Enak

  1. 2 piring nasi putih dingin
  2. 2 btr telur ayam, kocok lepas
  3. 50 gr udang kupas, potong-potong
  4. 30 gr daging ayam, potong dadu
  5. 3 sdm kacang polong
  6. 2 btg wortel, potong dadu
  7. 1 btg daun bawang, iris tipis
  8. 4 siung bawang putih, cincang halus
  9. 2 siung bawang merah, cincang halus
  10. 1 sdm saus tiram
  11. 1 sdm kecap asin
  12. 1 sdt perasan jeruk nipis
  13. 1 sdt perasan jahe
  14. 1 sdt garam (atau secukupnya)
  15. 1/2 sdt gula pasir
  16. 1/4 sdt lada bubuk
  17. 2 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat Nasi Goreng Oriental Spesial

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan margarin hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam dan udang, masak hingga berubah warna dan daging ayam matang, pinggirkan.
  3. Masukkan telur, masak hingga membentuk orak-arik.
  4. Masukkan kacang polong, wortel dan daun bawang, masak hingga agak layu.
  5. Masukkan saus tiram, kecap asin, perasan jeruk nipis, perasan jahe, garam, gula pasir dan lada bubuk. Aduk rata.
  6. Masukkan nasi putih, aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan matang.
  7. Angkat dan sajikan segera selagi hangat.
Bagaimana, cara membuat nasi goreng oriental ternyata cukup mudah bukan? Resep nasi goreng oriental enak spesial ini sebenarnya tidak memiliki bahan-bahan yang pasti, setiap resto juga memiliki resep yang berbeda untuk nama masakan yang sama. Dengan begitu, kalian juga bisa memodifikasi dan memvariasikan sesuai dengan selera agar didapat rasa yang lebih lezat dengan menambahkan bahan-bahan lainnya seperti sosis, kornet dan lain sebagainya. Sampai jumpa di resep nasi goreng spesial lainnya ya, selamat mencoba!

Simak Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep Faloodeh Khas Asia Selatan
Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu
Resep Kolak Biji Salak Aroma Pandan
Resep Donat Ubi Ungu Nan Cantik
Resep Roti Gulung Pisang Coklat Keju
Resep Piscok Meler Plus Keju
Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Oriental Enak dan Lezat
4/ 5
Oleh