Perhatikan, Ini 10 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas - Untuk membuat makanan tetap segar dan tahan lama, hal yang paling umum kita lakukan adalah menaruhnya didalam kulkas. Cara tersebut dianggap paling mudah dan paling praktis serta bisa dilakukan kapan saja sewaktu-waktu. Kulkas memang menjadi media paling umum untuk menaruh berbagai bahan makanan di setiap rumah.

Suhu dingin didalam kulkas bisa menghambat pertumbuhan beberapa mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Selain itu, udara didalam kulkas juga cenderung 'kering' karena uap air yang terdapat pada udara menjadi membeku. Sehingga biasanya makanan yang disimpan didalam kulkas bisa bertahan lebih lama.
makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas
Ilustrasi makanan yang disimpan di kulkas
Namun tahukah kalian, tidak semua bahan makanan bisa disimpan didalam kulkas. Ada beberapa bahan makanan yang justru lebih cepat membusuk/rusak jika terkena suhu dingin didalam kulkas. Nah, berikut ini ada 10 bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas terlepas dari mitos dan fakta tentangnya.

10 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

1. Kopi

Sebelum digiling, kopi melalui proses pemanggangan terlebih dahulu atau istilahnya disangrai. Dari proses tersebut, maka didapatlah aroma wangi yang khas dari kopi. Maka dari itu, jika kita menyimpan kopi didalam kulkas, maka tentu saja aroma wanginya akan hilang. Selain itu, kopi juga bisa menyerap bau dan kelembaban didalam kulkas sehingga bisa dipastikan aroma kopi akan berubah.

Tempat yang ideal untuk menaruh kopi adalah suhu ruang yang tidak memiliki kelembaban. Untuk itu, taruhlah kopi didalam toples kedap udara yang tertutup rapat sehingga aroma dan wanginya tetap terjaga.

2. Susu Kental Manis

Susu kental manis bisa bertahan cukup lama walau tanpa menyimpannya didalam kulkas. Untuk susu kemasan kaleng, jika kemasannya sudah dibuka maka harus segera dikonsumsi dalam rentang waktu kurang lebih 3 hari. Namun selama itu, tanpa dimasukkan kedalam kulkas pun susu masih bisa betahan di suhu ruangan dan masih layak dikonsumsi.

Jika kita memasukkannya kedalam kulkas, susu kental manis malah akan bertambah kental dan agak menggumpal. Susu malah lebih lama larut, dan untuk susu kemasan kaleng hal tersebut malah membuat susu sulit dituang. Jika sudah dibuka, taruhlan susu kental manis kemasan kaleng didalam toples agar terhindar dari semut dan lebih awet.

3. Madu

Sama seperti halnya susu kental manis, madu akan bisa bertahan lama meski tidak disimpan dalam lemari es. Dalam suhu ruang, madu bisa bertahan lama bahkan dalam hitungan tahun.

Jika kita menyimpannya didalam lemari es, madu malah akan menggumpal dan sulit untuk dituang. Taruhlah madu pada suhu ruang dan simpan pada wadah tertutup untuk menjaga kehigienisannya.

4. Minyak Goreng

Beberapa jenis minyak goreng memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Itu artinya, titik didihnya juga cukup tinggi serta mdah membeku pada suhu yang tidak terlalu rendah.

Dengan menyimpannya didalam kulkas, minyak goreng bisa membeku/menggumpal dan memerlukan waktu untuk mencair. Simpanlah minyak goreng didalam suhu ruang dan wadah yang tertutup untuk menjaga kebersihannya.

5. Bawang Merah, Bawang Bombay

Semua jenis bawang justru cepat membusuk jika disimpan didalam kulkas. Pada suhu dingin terutama jika disertai dengan kelembaban yang cukup tinggi, biasanya bawang akan berkecambah dan muncul akar. Namun jika terlalu dingin, bawang justru akan membusuk.

Simpanlah bawang didalam suhu ruang, jauhkan dari air dan kelembaban. Orang jaman dulu biasanya menyimpan bawang dengan cara digantung di langit-langit dapur diatas perapian. Dengan cara tersebut, bawang lebih awet dan bertahan lama.

6. Alpukat Mentah

Buah alpukat tidak matang di pohonnya. Buah ini akan matang setelah jatuh atau dipetik. Biasanya, alpukat akan matang jika dibiarkan dalam suhu ruang atau diperam.

Jika kita menaruh buah alpukat mentah di kulkas, maka alpukat akan sulit matang dan malah membusuk. Namun lain halnya dengan alpukat matang, buah ini akan bertahan cukup lama jika disimpan didalam kulkas.

7. Tomat

Beberapa sumber mengatakan, tomat akan menjadi lebih lembek jika disimpan didalam kulkas. Tekstur daging buah tomat malah akan menjadi rapuh dan tidak lagi segar.

Idealnya, tomat disimpan di suhu ruangan serta dalam keadaan kering. Karena tomat akan cepat membusuk jika dalam keadaan basah atau lingkungan yang lembab.

8. Kentang dan Ubi

Kentang dan ubi mengandung pati atau karbohidrat yang cukup tinggi. Jika kentang atau ubi ditaruh dalam lemari es, kandungan pati didalamnya malah akan lebih cepat berubah menjadi zat gula dan menjadi lebih manis. Dengan begitu, teksturnya malah menjadi lebih keras dan kurang empuk saat dimasak/direbus nantinya.

9. Roti

Roti memang lebih awet jika disimpan didalam kulkas karena tidak akan cepat berjamur. Namun disamping itu, tekstur dan aroma roti akan berubah jika terkena suhu dingin. Terutama, roti bisa menyerap bau-bauan yang terdapat pada kulkas sehingga aromanya bisa berubah.

Simpanlah roti di suhu ruang pada kemasan yang tertutup rapat. Ini akan menjaga roti tetap empuk dan tidak kering, juga menjaga aromadan rasanya. Roti memang tidak dibuat untuk bertahan lama, maka segeralah konsumsi sebelum aroma dan rasanya berubah.

10. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki aroma yang kuat. Jika kita memasukkannya kedalam kulkas, aroma tersebut bisa menyebar dan mengkontaminasi bahan makanan lainnya. Selain itu, daun kemangi akan cepat layu.

Nah, memang masih ada lagi makanan-makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas selain yang kita bahas disini. Namun kesepuluh makanan tersebut biasanya merupakan makanan yang paling umum terdapat didapur. Dan terlepas dari fakta atau mitos, memang belum ada yang melakukan penelitian lebih jauh mengnai hal tersebut.
loading...
Perhatikan, Ini 10 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas
4/ 5
Oleh