Resep dan Cara Membuat Prol Tape Keju Kukus Khas Jember

Resep Prol Tape Keju Kukus - Prol tape merupakan makanan khas Jember yang memiliki cita rasa manis legit serta aroma khas yang berasal dari tape singkong. Jika dilihat dari bahannya, prol tape hampir mirip dengan cake tape hanya saja teksturnya agak lebih padat. Jika dilihat dari cara pembuatannya, prol tape juga sama seperti cake atau bolu yaitu dengan cara dipanggang dan dikukus.

Nah, untuk resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat prol tape singkong dengan topping keju. Agar lebih mudah, kita akan membuat yang versi kukus, karena cara ini memerlukan persiapan yang cukup simpel ketimbang menggunakan oven. Selain itu, prol tape yang dikukus juga hasilnya lebih lembut ketimbang dipanggang.
resep prol tape keju kukus, cara membuat prol tape keju kukus
Resep Prol Tape Keju Kukus
>> Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju Lembut
Cara membuat prol tape keju sebetulnya cukup sederhana dan tidak perlu khawatir akan gagal. Biasanya, prol tape tidak menggunakan bahan pengembang dan tidak juga menggunakan emulsifier layaknya cake. Jadi, pada dasarnya kudapan yang satu ini bisa dibuat secara sembarang asalkan bahan-bahannya berkualias.

Pertama, tape kita pisahkan dari serat-seratnya hingga bersih. Setelah itu, tape kita haluskan menggunakan ulekan atau juga bisa menggunakan sendok. Jika ingin lebih cepat, tape bisa diblender bersama dengan susu cair, namun nantinya tape menjadi terlalu halus sehingga teksturnya hilang.

Di wadah terpisah, kocoklah telur dan gula hingga mengembang. Disini kita tidak memerlukan emulsifier layaknya membuat cake, cukup telur dan gula saja. Setelah itu, barulah semua bahan disatukan dan diaduk hingga adonan benar-benar merata. Agar lebih lezat dan berselera, taburi permukaan adonan prol tape dengan keju parut dan kismis sebelum adonan dikukus.

Setelah itu, adonan tinggal dikukus hingga matang. Lamanya proses pengukusan bisa tergantung pada jumlah adonan yang kita buat serta pada ketebalan adonan didalam loyang. Jika kita menggunakan loyang yang tidak terlalu lebar, maka adonan akan lebih tinggi dan waktu pengukusan mejadi sedikit lebih lama.

Resep Prol Tape Keju Kukus Khas Jember

Tape singkong yang kita gunakan untuk membuat prol haruslah tape yang berkualitas agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Pilihlah tape yang garing namun lembut atau tidak keras agar lebih mudah dihancurkan. Agar lebih higienis dan lebih terjamin, alangkah baiknya jika kita membuat sendiri tape singkong di rumah.

Sementara untuk bahan lainnya, bisa kita simak dibawah ini. Untuk takarannya, silahkan disesuaikan dengan selera seperti jumlah gula pasir yang menentukan kadar kemanisannya.
>> Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut

Bahan Resep Prol Tape Keju Kukus

  1. 250 gr tape singkong
  2. 75 gr tepung terigu (+/- 3/4 gelas)
  3. 75 gr gula pasir
  4. 3 sdm margarin, cairkan
  5. 2 btr telur ayam
  6. 100 ml susu cair
  7. 1/4 sdt garam

Bahan Pelengkap

  1. keju cheddar parut
  2. kismis

Cara Membuat Prol Tape Keju Kukus Khas Jember

  1. Pisahkan tape dari seratnya, kemudian lumatkan mengunakan ulekan atau bisa juga ditekan-tekan menggunakan garpu.
  2. Tuangkan susu cair kedalam tape yang sudah halus, aduk rata. Sisihkan dulu sementara.
  3. Di wadah terpisah, kocok telur ayam bersama gula pasir hingga mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu bersama dengan tape singkong yang telah dicampur susu, aduk rata.
  5. Terakhir, masukkan margarin cair bersama dengan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur dan adonan benar-benar merata.
  6. Siapkan loyang, olesi permukaan dalamnya menggunakan margarin dan taburi dengan sedikit tepung. Alasi juga dasarnya dengan kertas roti agar nantinya kue prol gampang dilepas dari loyang.
  7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Taburi permukaannya dengan kismis dan keju cheddar parut secukupnya.
  8. Setelah itu, kukus prol tape hingga matang. Lama waktunya kurang lebih antara 15-30 menit tergantung ketebalan adonan. Untuk memastikan, tusuk prol tape menggunakan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel berarti tandanya sudah matang.
  9. Angkat prol tape, keluarkan dari loyang. Sajikan bersama keluarga dan orang tercinta :).
>> Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang dengan Mudah
Bagaimana, cara membuat prol tape keju ternyata cukup mudah bukan? Sedikit tips dalam proses pengukusan adonan, sebaiknya kukusan sudah dipersiapkan terlebih dahulu sembari kita membuat adonan. Panci kukusan harus sudah benar-benar panas saat adonan hendak dimasukkan agar didapat hasil yang maksimal.

Jika ingin memodifikasi resep prol tape keju kukus, disarankan agar tidak menambahkan tepung terigu yang terlalu banyak. Agar tekstur dan aroma tape masih terasa serta hasilnya lebih lembut. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Prol Tape Keju Kukus Khas Jember
4/ 5
Oleh