Coba Yuk, Resep Donat Ubi Jalar Ala Farah Quinn, Empuk Banget

Resep Donat Ubi Jalar Farah Quinn - Salah satu pemanfaatan ubi jalar yang cukup melimpah yaitu diolah menjadi donat.

Rasanya cukup unik, ada aroma khas, juga teksturnya yang lembut dan empuk. Tentu saja, untuk mendapatkannya semua ada tehniknya.

Agar empuk, donat harus dibuat mengembang maksimal. Untuk itu, diperlukan proses pembuatan adonan yang tepat.
Resep Donat Ubi Jalar Farah Quinn, Cara Membuat Donat Ubi Jalar Farah Quinn
Donat Aneka Topping
Jenis ubi jalar yang kita gunakan disini bisa menggunakan ubi kuning ataupun ubi ungu. Ubi yang warnanya putih kurang cocok, karena teksturnya padat dan agak keras.

Kita bisa menggunakan perbandingan 1 banding satu antara tepung dan ubi. Cukup untuk membuat donat yang cantik dengan aroma ubi yang kuat.

Agar warnanya lebih cantik, minimalkan penggunaan gula. Karena jika terlalu banyak gula, warna donat akan cepat gosong dan lebih gelap.

Jadi gula hanya untuk menambah cita rasa saja. Sedangkan rasa manisnya bisa diperoleh dari topping nantinya.

Yuk, yang penasaran ingin mencoba membuatnya, silahkan disimak resepnya berikut ini. Resep ini adalah adaptasi dari resepnya mbak Farah Quinn.

Resep Donat Ubi Jalar Farah Quinn

Bahan-Bahan

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 250 gr ubi kuning
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 1 btr telur ayam
  5. 1 sdm ragi instan
  6. 3 sdm margarin, cairkan
  7. 1/4 sdt garam
  8. sedikit air matang
  9. minyak untuk menggoreng
  10. topping sesuai selera

Cara Membuat Donat Ubi Jalar Farah Quinn

  1. Kukus ubi hingga matang dan lunak. Hancurkan ubi kukus selagi panas. Sisihkan hingga agak dingin.
  2. Siapkan wadah yang agak lebar agar mudah saat menguleni. Masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk rata.
  3. Masukkan telur, aduk menggunakan tangan hingga merata. Tambahkan juga air untuk menyesuaikan teksturnya. Tambahkan sedikit-sedikit ya, sesendok demi sesendok, penambahan air dimaksudkan agar adonan tidak terlalu kaku. Biasanya, 4-5 sendok sudah cukup.
  4. Uleni lagi adonan hingga setengah kalis dan tidak lengket di tangan. Setelah itu, barulah masukkan ubi kukus yang sudah dihaluskan. Uleni kuat-kuat hingga ubi dan adonan merata. Jika menggunakan ubi yang cukup banyak, biasanya adonan agak lengket. Tapi tidak apa-apa, setelah ditambah margarin, adonan biasanya tidak lengket lagi, asalkan adonan kalis.
  5. Terakhir, masukkan margarin dan garam. Uleni lagi adonan hingga benar-benar merata dan kalis. Perlu diperhatikan, margarin dan garam harus ditambahkan paling terakhir, agar tidak mengganggu pertumbuhan mikroorganisme yang terkandung pada ragi.
  6. Diamkan adonan selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah didiamkan, adonan akan mengembang hingga 2 kali lipatnya.
  7. Kempiskan adonan, bagilah adonan menjadi bagian-bagian sama berat. Bulatkan tiap bagian adonan, atau cetak menggunakan cetakan donat. Diamkan adonan selama 15 menit sebelum digoreng agar mengembang lagi.
  8. Goreng donat ubi jalar dalam minyak panas diatas api kecil hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  9. Hiasi donat ubi jalar dengan topping seperti gula halus, coklat meses, coklat leleh, parutan keju dan lain-lain sesuai selera.
Coba Yuk, Resep Donat Ubi Jalar Ala Farah Quinn, Empuk Banget
4/ 5
Oleh