Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Teri Medan

Cara Membuat Sambal Goreng Tempe - Sambal goreng tempe yang dipadukan dengan teri Medan memiliki cita rasa yang sangat mantap dengan perpaduan pedas, manis dan gurih. Dengan tekstur yang agak renyah kriuk, sambal goreng ini cocok dijadikan lauk sebagai teman makan nasi atau hanya sekedar cemilan. Ternyata ada rahasia khusus yang membuat sambal goreng tempe bisa tetap kriuk meski disimpan lebih dari dua hari. Yuk kita bereksperimen di dapur!
Resep Sambal Goreng Tempe, Cara Membuat Sambal Goreng Tempe
gambar : www.flickr.com
Resep sambal goreng tempe kering merupakan variasi dari menu sambal goreng yang kunci utamanya terletak pada sambal itu sendiri. Sambal yang menjadi dasar utama dari masakan ini harus benar-benar matang serta memiliki komposisi bahan yang pas. Cara membuat sambal goreng tempe memang mudah namun ada rahasia tersendiri agar didapat hasil yang sesuai selera.

Agar bisa bertahan lama dengan tekstur yang kriuk, kunci utamanya terletak pada asam yang bisa diperoleh dari asam jawa atau bisa juga menggunakan cuka masak. Tanpa asam, tempe goreng tidak akan bertahan lama bahkan tidak akan kriuk meski disajikan saat itu juga. Hal tersebut juga berlaku untuk makanan kriukan yang menggunakan gula sebagai bumbu pelengkapnya seperti berondong jagung dan berondong beras ketan.

Resep Sambal Goreng Tempe Teri Medan Ala Qudapan

Membuat sambal goreng tempe teri medan sebenarnya terbilang simpel, bahan utama digoreng hingga kering kemudian dipadukan dan dimasak dengan sambal. Namun, dalam prakteknya ternyata gampang-gampang susah terutama dari segi komposisi bahan yang tidak dapat ditentukan secara pasti.

Saat pertama membuatnya, saya sempat mengalami kegagalan beberapa kali namun masih terbilang enak untuk dimakan. Hanya saja, rasa dari sambal goreng yang didapat tidak sesuai dengan selera dan akhirnya bereksperimen beberapa kali hingga menemukan komposisi yang pas.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu persiapkan untuk membuat sambal goreng tempe teri medan. Namun saya tidak memiliki takaran yang pasti, hanya menggunakan perasaan dan perkiraan saja jadi untuk mendapatkan hasil yang sesuai selera silahkan gunakan takaran yang biasa kalian gunakan.

Bahan-bahan Resep Sambal Goreng Tempe

  1. 250 gr tempe, iris memanjang membentuk stik
  2. 100 gr teri medan
  3. 50 gr kacang tanah
  4. 6 siung bawang merah, iris tipis
  5. 4 siung bawang putih, iris tipis

Bahan Bumbu

  1. 2 bh cabe merah, iris tipis
  2. 1 btng serai, memarkan
  3. 2 lbr daun salam
  4. 4 sdm gula jawa
  5. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan setengah gelas air
  6. 2 sdt garam

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 4 bh cabe merah keriting
  4. 2 btr kemiri
  5. 1 bh tomat
  6. 2 cm lengkuas
  7. 2 cm jahe

Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Teri Medan Spesial

  1. Goreng tempe bersama irisan bawang merah dan bawang putih hingga kering, tiriskan. Goreng juga ikan teri medan dan kacang tanah hingga kering, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus bersama dengan cabe merah, serai dan daun salam hingga harum.
  3. Tuangkan air asam jawa, gula jawa dan garam. Sambil diaduk, masak hingga airnya menyusut dan sambal menjadi kental dan matang. Cirinya, aroma sambal tercium berbau harum dan agak menyengat karena mengandung cabai.
  4. Setelah sambal matang kecilkan api hingga level paling kecil agar sambal tidak gosong. Masukkan tempe, teri dan kacang tanah yang tadi sudah kita goreng hingga kering.
  5. Aduk rata hingga sambal tercampur merata dengan semua bahan. Angkat dan sambal goreng tempe teri medan siap untuk disajikan.
Sebenarnya jika sambal sudah matang, pencampuran bahan-bahan dengan sambal bisa dilakukan tanpa menggunakan api. Hanya saja terkadang kita salah memperkirakan dan kadang sambal masih mengandung air. Sehingga nanti tempe dan kacang tanah menjadi kurang renyah maka dari itu api cukup dikecilkan saja untuk menghindari sambal gosong.

Bagaimana, cara membuat sambal goreng tempe teri ternyata tidak begitu sulit bukan? Namun memang diperlukan pengalaman untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal tersebut berlaku saat kita memasak apapun, hasil yang sesuai selera bisa didapatkan dari pengalaman dengan cara banyak belajar dan eksperimen.

Takaran resep sambal goreng tempe teri medan ini hanyalah sebagai gambaran, karena selera setiap orang pasti berbeda. Silahkan bereksperimen untuk mendapatkan takaran yang pas, cara membuat yang lebih praktis serta hasil yang sesuai selera. Semoga bermanfaat ya bun!

Simak Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep Es Sop Buah Segar Dan Menyegarkan
Resep Kue Cornflakes Cookies Renyah
Resep Kacang Bawang Renyah Dan Gurih
Resep Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep Kolak Pisang Nangka Penggugah Selera
Resep Puding Telor Ceplok Nan Cantik
Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Teri Medan
4/ 5
Oleh