Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Cianjur Sederhana

Resep Ikan Bakar Cianjur Sederhana - Ikan bakar, siapa yang sanggup menolaknya. Aroma ikan bakar yang khas berpadu dengan sambal kecap pedas pasti membuat siapapun menjadi lapar dan ngiler dibuatnya. Apalagi ikan bakar Cianjur yang sudah terkenal kelezatannya, pelaku wisata kuliner pasti sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini.
Resep Ikan Bakar Cianjur Sederhana, Beserta Cara Membuat Ikan Bakar Cianjur Sederhana
ilustrasi : Riung Tenda
Pada dasarnya, ikan bakar hampir sama baik dari resep maupun cara pembuatannya. Biasanya, yang membedakan adalah cara penyajiannya serta beberapa perbedaan minor dalam hal penggunaan bumbu. Ikan bakar Cianjur sebetulnya menggunakan bumbu yang simpel, hanya saja penyajiannya yang khas yaitu bersama dengan sambal kecap pedas gurih.

Resep Ikan Bakar Cianjur Sederhana Ala Resto

Membuat ikan bakar itu sebetulnya tidak sulit, tidak ada proses rahasia apalagi bumbu rahasia. Yang ada hanyalah resep rahasia, yaitu takaran dan komposisi bumbu yang digunakan oleh setiap restoran yang tentunya berbeda.

Karena masalah bahan sebetulnya itu-itu saja, yang jadi pembeda adalah ketepatan waktu pemasakan serta takaran dari komposisi bumbu yang digunakan.

Jika kalian pernah bekerja di restoran, tentunya kalian tahu bahwa bumbu yang digunakan sebetulnya itu-itu saja. Logikanya, dengan bahan yang sama, takaran yang sama, hasil masakan dari tiap orang pasti akan berbeda, seperti itu.

Bagi kalian yang hendak mencoba membuat ikan bakar Ciajur yang terkenal kelezatannya, berikut ini adalah semua keperluannya. Mulai resep, bahan-bahan yang digunakan sampai proses pembuatannya.

Bahan Resep Ikan Bakar Cianjur Sederhana

  1. 1 kg ikan gurame atau ikan nila
  2. 1 sdt garam
  3. kecap manis secukupnya
  4. air perasan jeruk nipis secukupnya
  5. daun kemangi secukupnya
  6. selada, irisan tomat dan mentimun sebagai pelengkap

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 bh cabe merah besar
  4. 10 bh cabe rawit (atau sesuai selera)
  5. 3 cm jahe

Bahan Sambal Kecap

  1. Kecap manis secukupnya
  2. 10 buah cabe rawit
  3. 4 siung bawang merah
  4. irisan jeruk nipis

Cara Membuat Ikan Bakar Cianjur Sederhana

  1. Bersihkan ikan dan lumuri dengan perasan jeruk nipis, sisihkan.
  2. Tumis sebentar bumbu halus hingga harum, angkat dan berilah kecap manis dan garam, aduk rata.
  3. Lumuri ikan dengan bumbu tersebut, diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.
  4. Bakar ikan diatas bara api sambil dibolak-balik, jika bumbu kering, lumuri lagi. Lakukan hal yang sama hingga ikan matang.
  5. Membuat sambal : ulek kasar cabe rawit dan bawang merah, beri irisan jeruk nipis dan tekan-tekan menggunakan ulekan agar airnya keluar. Beri kecap manis secukupnya.
  6. Hidangkan ikan bakar bersama dengan sambal kecap serta sayuran pelengkap.
Resep ikan bakar cianjur sederhana ini cukup praktis dan simpel. Cara membuat ikan bakar Cianjur sederhana juga cukup mudah dan tidak terlalu ribet sehingga menu ini bisa menjadi menu andalan di rumah.

Dengan waktu persiapan yang tidak terlalu lama, kita bisa menikmati ikan bakar khas Cianjur bersama keluarga tercinta. Dengan membuatnya sendiri, kita tidak perlu jauh-jauh untuk membeli dan tentunya lebih ekonomis di jaman yang serba kritis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Simak Resep Menarik Lainnya Ya!

Resep Puding Pelangi Nan Cantik
Resep Asinan Buah Khas Bogor
Resep Gulai Kambing Spesial Lezat
Resep Cilor Aci Telor Pedas Gurih
Resep Mie Ayam Kuah Kental
Resep Udang Bakar Madu Spesial
Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Cianjur Sederhana
4/ 5
Oleh